Ada Air Terjun di Inhil Namanya Wisata Alam Air Terjun 86, Berikut Lokasinya

By Redaktur 03 Agu 2022, 20:22:25 WIB Diaspora Inhil
Ada Air Terjun di Inhil Namanya Wisata Alam Air Terjun 86, Berikut Lokasinya

INHIL,- Salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Indragiri Hilir yang saat ini sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir melalui Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga dan Kebudayaan Kab. Indragiri Hilir masuk dalam peta wisata Inhil adalah Air Terjun 86.

Air Terjun 86 merupakan air terjun alami yang berasal dari aliran Sungai Abang yang selanjutnya akan jatuh ke kolam dan mengalir ke Sungai Endelang (tembulun). Dari aliran air terjun utama (86) yang jatuh ke kolam (lubuk) akan mengalir ke tembulun yang terbuat dari celah batu. Namanya tembulun dan airnya begitu dingin dan jernih.

Terkait angka 86 pada namanya, menurut Junaidy, hal itu diberikan karena lokasi air terjun yang berada di kilometer 86 Jalan Raya Lintas Timur Sumatera. Air terjun 86 juga masih berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, tepatnya di selatan Desa Batu Ampar, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir.

Air Terjun 86 mempunyai ketinggian sekitar 20 m dengan kemiringan sudut hampir 90 derajat. Debit airnya cukup besar dan deras sehingga dari jarak 10 meter saja kita sudah dapat merasakan hempasan air terjunnya.

Air Terjun yang merupakan hulu dari Sungai Nderlang ini merupakan mata air yang akan selalu ada dan debit airnya akan tetap stabil meskipun sedang musim kemarau, jadi Air Terjun 86 dapat dikunjungi di segala musim.

Air terjun 86 memiliki pesona keindaha tersendiri. Selain menikmati deburan air setinggi 50 meter di bagian bawahnya, Anda juga bisa menyaksikan bangunan dinding air terjun yang terbuat dari batu alam yang menambah kesan eksotik suasana.

Selain itu, suasana hijau yang asri di sekitar air terjun, juga pepohonan rindang yang bisa dijadikan tempat berteduh membuat masih banyak orang yang senang berkunjung ke air terjun tersebut. Bila Anda ingin mendapatkan suasana alam yang lebih asri dan sejenak rehat dengan rutinitas pekerjaan, tempat wisata ini bisa jadi pilihan untuk dikunjungi di daerah Indragiri Hilir.

Kondisi alam perbukitan di kawasan kecamatan Kemuning memungkinkan lokasi ini dijadikan sebagai tempat camping bagi para pecinta alam. Selain mengunjungi air terjun juga bisa menghirup kesegaran udara dataran tinggi dan asrinya pemandangan hijau di atas bukit.

Air Terjun 86 ini memerlukan waktu sekitar 5 jam dari Ibukota Kabupaten Indragiri Hilir yaitu Kota Tembilahan, Berjarak sekitar 14 km dari jalan raya Lintas Timur Sumatra, atau 4 km dari Selensen. Karena kondisi jalan ke obyek wisata ini berupa jalan tanah, sehingga dapat dicapai hanya kendaraan roda dua atau bisa juga Anda menggunakan kendaraan roda empat seperti sejenis Jeep.

Lokasi Air Terjun 86 yang berada di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh, membuat suasana sekitar air terjun ini kaya akan pesona flora dan fauna. Jika anda beruntung, anda akan dapat bertemu dengan burung Kuau (Argusianus argus argus) yang langka.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment