Logo GemilangPos.com

Al Haris : Ada 6 Perusahaan yang Setuju Bangun Jalan Khusus Untuk Angkutan Batu Bara

Al Haris : Ada 6 Perusahaan yang Setuju Bangun Jalan Khusus Untuk Angkutan Batu Bara

GEMILANGPOS.COM, Gubernur Jambi Al Haris mengatakan saat ini sudah ada enam perusahaan yang bersedia membangun jalan khusus bagi angkutan batubara. Haris mengatakan, selain jalur darat. Jalur sungai juga dapat mengatasi kemacetan angkutan batubara di Provinsi Jambi. Namun, saat ini belum bisa direalisasikan.

"Angkutan sungai belum bisa berjalan karena butuh biaya yang banyak. Jalur transportasi darat menjadi pilihan. Kami sudah mengundang enam perusahaan," kata Haris. Kamis, (28/7/2022).

Haris menyebutkan, pembangunan jalan khusus angkutan batubara akan dibagi menajdi dua kelompok, yaitu Sarolangun - Tembesi dan Batanghari - Tempino.

"Kita pantau terus. Masih izin ke perhubungan dan ada satu perusahaan yang menggunakan air," ujarnya.

Tahap pertama, PT Sinar Agung Sukses akan membangun jalan khusus mulai dari rute Kecamatan Pauh - Mandiangin – Mandiangin Timur -Bajubang - Mestong – Jambi Luar Kota. Selanjutnya, jalan khusus tersebut disambung oleh PT Putra Bulian Propertindo membangun rute Kilangan Kecamatan Bajubang – Mestong - Sungai Gelam - Kumpeh Ulu - Taman Rajo. Kemudian, dilanjutkan PT. Inti Tirta menyanggupi membangun jalan khusus dengan rute Kecamatan Mandiangin – Bathin XXIV – Muaro Tembesi – Muaro Bulian untuk jalur sungai. Kemudian, ada juga investor lainnya yakni PT Adhiwira Intisarana, PT.Indobagus Investama. Untuk diketahui, penandatangan surat pernyataan kesanggupan investor sudah dilakukan beberapa waktu lalu di Jakarta. (adv)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index