Logo GemilangPos.com

Anggota Satpol PP Inhil Laksanakan Rocksport

Anggota Satpol PP Inhil Laksanakan Rocksport

INHIL,- Jum’at (11/11/2022) Bersempena Hari Kesehatan Nasional tahun 2022, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Indragiri Hilir bekerjasama dengan UPT. Puskesmas Gajah Mada Tembilahan melaksanakan kegiatan Pengecekan Kebugaran bagi Anggota Satpol PP Kabupaten Indragiri Hilir.

Kepala UPT. Puskesmas Gajah Mada Tembilahan Marlina, STR. Keb menyatakan bahwa, “Kegiatan ini dalam rangka Deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan cara untuk mengetahui adanya faktor risiko PTM pada sasaran. Deteksi dini ini berguna untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena PTM atau memiliki faktor risiko. Dengan demikian akan diketahuinya faktor risiko PTM secara dini pada seseorang maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan secepat mungkin. Bagi yang sudah terkena maka penting sekali mengendalikan PTM yang disandangnya agar tidak terjadi komplikasi, kecacatan maupun kematian dini akibat PTM serta untuk meningkatkan kualitas hidup.”

Sesuai dengan Surat Perintah Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Indragiri Hilir nomor : 145/SP-POL.PP/PSD/XI/2022 tanggal 8 November 2022 sebanyak 50 (lima puluh) orang anggota ASN dan Non ASN Satuan Polisi Pamong Praja Kab. Indragiri Hilir melaksanakan kegiatan pemeriksaan kebugaran jasmani yang bekerja sama dengan UPT Puskesmas Gajah Mada Tembilahan, sebanyak 10 (sepuluh) orang tenaga medis dan 1 orang dokter hadir di acara Posbindu PTM ini, acara dimulai pada jum’at pagi (11/11/2022) dihalaman Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Indragiri Hilir.

Dalam penyelenggaraannya Posbindu PTM UPT Puskesmas Gajah Mada menerapkan prinsip kerja lima meja dan melakukan tes kebugaran jasmani metode rockport, yaitu :

1. Pada meja Pertama kader melakukan pendaftaran atau registrasi,

2. Meja kedua kader wawancara mengenai keluhan PTM,

3. Meja ketiga untuk pengukuran sasaran mulai dari pengukuran berat badan dan tinggi badan,

4. Meja keempat untuk pengukuran tekanan darah dan pemeriksaan darah sederhana oleh petugas kesehatan, serta

5. Meja kelima untuk identifikasi faktor resiko PTM dan konseling perilaku sehat.

Dan tes kebugaran jasmani dilakukan metode Rockport yaitu lari kecil sejauh 1,6 KM dengan menggunakan aplikasi SIPGAR yang merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu.


Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index