Logo GemilangPos.com

Bazar Kuliner Khas Melayu di Festifal Pekan Budaya Siak 2023

Bazar Kuliner Khas Melayu di Festifal Pekan Budaya Siak 2023
Suasana saat kegiatan berlangsung

GEMILANGPOS.COM - Bazar makanan tradisional melayu melengkapi rangkaian Festival Pekan Budaya 2023, kegiatan ini merupakan ajang penampilan kreasi seni dari anak-anak muda Siak. Acara berlangsung di hutan kota kawasan Taman Siak Lawo di bawah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, Jumat, (20/10/2023).

Sekretaris Daerah Siak Arfan Usman saat membuka Bazar Juadah/kuliner khas melayu apresiasi pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan karena kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini dapat menyuguhkan sebuah konsep pelaksanaan yang berbeda.

"Kami mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta tim tangguh nya. Ini konsep baru, sangat luar biasa," ucap Arfan.

Arfan menilai saat ini makanan melayu tradisional sudah jarang jumpai sekarang ini. "Kegiatan ini upaya pelestarian kuliner melayu yang makin hari makin jarang kita jumpai. Karena ini merupakan sebuah khazanah budaya yang harus kita wariskan ke anak cucu kita nantinya," sebutnya.

Arfan berharap kegiatan seperti ini, kedepan terus berkembang," Saya minta tahun depan OPD lainnya agar dapat berpartisipasi upaya kita melestarikan kuliner melayu dan nusantara," tutupnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Siak Mahadar menyampaikan bahwa persiapan untuk kegiatan ini sangatlah singkat.

"Dengan waktu persiapan yang sangat singkat, kegiatan ini murni 100 persen dilaksanakan oleh putra putri Siak. Ini membuktikan bahwa putra putri Siak mampu untuk melaksanakannya," katanya.

Mahadar menjelaskan pada saat ini stand bazar yang berbentuk pondok pondok dengan atap rumbia ini berisi kuliner kuliner khas melayu seperti Sempolet, Laksamana Mengamuk, Roti Jalo, dan lain lain. Ia berharap agar kedepannya Bazar Kuliner ini bisa menjadi Bazar Kuliner Nusantara.

"Kami berharap kedepannya nanti bazar ini menjadi Bazar Kuliner Nusantara yang tentunya diisi dengan kuliner khas dari berbagai etnis yang ada di Siak. Dengan segala keberagamannya, agar kegiatan ini bertambah besar dan makin semarak yang tentunya makin memperkuat persatuan dan kesatuan kita dalam bingkai Nusantara," kata dia.

Festival Pekan Budaya 2023 dan bazar kuliner melayu akan berlangsung dari 20-21 Oktober 2023. Pembukaan Bazar Juadah tersebut ditandai pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Siak Rasidah Alfedri didamping oleh Ketua I TP PKK Siak Ananda Laila Putri.(Inf/dd)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index