Logo GemilangPos.com

Bupati Inhil Buka Pelatihan Tata Kelola BUMDes Kecamatan Reteh dan Kecamatan Kemuning

Bupati Inhil Buka Pelatihan Tata Kelola BUMDes Kecamatan Reteh dan Kecamatan Kemuning

GEMILANGPOS.COM - Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan melaksanakan acara Pelatihan Tata Kelola Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Kecamatan Reteh dan Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang bertempat di Hotel Adista Tembilahan, Indragiri Hilir, Riau, Kamis ( 13/10 )/2022) halaman.

Acara tersebut dibuka Langsung oleh Bupati Indragiri Hilir HM Wardan diwakili oleh DRS H. Mukhtar T, MH sebagai asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Indragiri Hilir yang hadir sebanyak 60 peserta yang terdiri dari Kades, BPD, Direktur BUM Desa

Dalam sambutan Bupati Indragiri Hilir yang di bacakan oleh HM. Mukhtar menyampaikan, saya menyambut baik dan mengapresiasi pelatihan atas di laksanakannya kegiatan tata kelola BUMDes oleh Kecamatan Reteh dan Kecamatan Kemuning.

Pelatihan ini sangat penting mendapat dalam upaya meningkatkan kualitas penyelenggaraan tata kelola BUMDes, secara keseluruhan pada peningkatan pengurus dan pengembangan wawasan Aparatu Prarada BUMDes, dalam menyelenggarakan tata klola atau manajemen BUMDes. 


Untuk melanjutkan pengurus yang profesional, efisien dan efektif serta bertanggung jawab meningkatkan kualitas dan pengembangan wawasan terhadap BUMDes bagi pengurus BUMDes akan berhasil jika pengetahuan sikap, dan keterampilan positif para penyelenggaranya di tingkatkan dengan berbagai pendidikan dan pelatihan serta bimbingan pemdes yang dilakukan secara terencana, terarah dan mengalir.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemerintah dan Pemerintah daerah telah melaksanakan berbagai kebijakan di antaranya, melaksanakan pembinaan dan pengawasan BUMDes, hal ini juga seperti beberapa UPD yang mengharapkan kegiatan mereka untuk BUMDes yang ada secara integratif pada program DMI Diplester Intregrasi . 

"Kita telah memiliki 197 BUMDes secara kelembagaan telah memiliki Sarana dan Prasarana pendukung yang cukup untuk mendukung efektifitas pelaksanaan pengelolaan BUMDes sehingga mampu menjadi punggung Ekonomi Desa dan dapat berperan membantu meningkatkan kesejahteraan Desa" jelas Mukhtar T.

BUMDes suatu lembaga perekonomian Desa yang memiliki peran penting dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Desa dan Pemerintah Desa tata kelola profesional dengan mengaju pada pedoman pembentukan BUMDes berdasarkan peraturan perundang-undangan menjadi prasarana berjalanannya BUMDes dengan baik, dengan demikian kegiatan Ekonomi pada BUMDes secara Ideal dapat menjadi dari usaha perikatan Ekonomi Lokal dan regional dalam Lingkup Prekonomian Nasional", tutup Mukhtar T.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut sekertaris dinas PMD Inhil, kepala bidang PUED & TTG dinas PMD Inhil serta sejumlah program Kabupaten dan Kecamatan DMIJ Plus Terintegrasi.(*)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index