Logo GemilangPos.com

Dispaporabut Inhil Gelar pelatihan Desa Wisata Tahun 2023

Dispaporabut Inhil Gelar pelatihan Desa Wisata Tahun 2023
Kadis Dispaporabut Inhil Qudri Ramaputera saat menyampaikan sambutannya

GEMILANGPOS.COM - Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga dan Kebudayaan (Dispaporabut) indragiri Hilir (Inhil) menggelar pelatihan Desa Wisata Inhil Tahun 2023, di Hotel Inhil Pratama, Selasa, (24/10/2023).

Diketahui jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 30 orang dari 6 kecamatan yang ada di Inhil, yaitu Kecamatan Batang Tuaka, Kuindra, Tembilahan Hulu, Tempuling, Kempas dan Kemuning, serta narasumber Osvian Putra dan Novico Fishuri.

Dalam sambutannya Kepala Dinas (Kadis) Dispaporabut Inhil Qudri Ramaputera sekaligus membuka secara resmi pelatihan Desa Wisata Inhil Tahun 2023 menyampaikan tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada pelaku desa wisata yang ada di Inhil.

"Pariwisata menjadi salah satu sektor strategis untuk meningkatkan perekonomian daerah. Potensi alam yang dimiliki serta sumber daya manusia (SDM) yang kreatif menjadi modal penting bagi suatu desa untuk membangun wilayahnya menjadi desa wisata. Untuk itu, pelatihan Desa Wisata mengawal desa-desa terkhusus di Inhil untuk mencapai kemandirian melalui pengembangan dan pemanfaatan potensi desa, serta memberikan wawasan dan ilmu pengetahuan kepada pelaku desa wisata," paparnya.

Ia juga menjelaskan pengembangan desa wisata diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk percepatan pembangunan desa terpadu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di dalamnya.

"Kita sadari bersama bahwa pengetahuan tentang desa wisata sangat dibutuhkan oleh para pelaku wisata/pengelola desa wisata, sehingga pengelola desa wisata lebih profesional dan berkualitas dalam melakukan pengelolaan desa wisata dan memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung di Inhil,” jelasnya.

lebih lanjut dikatakan, untuk mencapai tujuan tersebut maka harus dilakukan peningkatan kapasitas dan kemampuan personil melalui pelatihan pengelolaan desa wisata sehingga dapat meningkatkan kemampuan para pengelolaa desa wisata.

"Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengambil ilmu dan menerapkan ilmunya dalam mengelola desa wisata,” tutupnya.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index