Logo GemilangPos.com

DP2KBP3A Inhil Gelar Rapat Penyusunan Buku Data Terpilah Gender dan Anak

DP2KBP3A Inhil Gelar Rapat Penyusunan Buku Data Terpilah Gender dan Anak

GEMILANGPOS.COM, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) melaksanakan kegiatan rapat penyusunan buku data terpilah Gender dan anak, Kamis (19 Mei 2022).

Kegiatan ini diselenggarakan bidang Pengarusutamaan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (PUG - PP) dalam DP2KBP3A Inhil. 

Dalam Sambutannya Kepala Dinas P2KBP3A melalui Sekretaris Fathurrahman, S. Ag berharap seluruh pihak terkait dapat berperan aktif dalam pengumpulan, pengolahan dan analisis data terpilah gender dan anak secara sebagai bahan informasi untuk penyusunan Buku Data Terpilah Gender dan Anak Inhil.

"Penyusunan buku ini juga termasuk ke dalam salah satu dari tujuh prasayarat PUG dan sebagai penunjang dalam penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE)," ucapnya.

Ia memaparkan, strategi Pengaurusutamaan Gender ditetapkan dengan instruksi Presiden (Inpres) nomor 9 tahun 2000 tentang Pengaurusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional, Peraturan Bupati Indragiri Hilir Nomor 30 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Daerah di Kabupaten Indragiri Hilir dan Surat Edaran Bupati Indragiri Hilir Nomor : 524.35/DP2KBP3A-PUG&PP/2021 tentang Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender di Kabupaten Indragiri Hilir Melalui Penyusunan Perencanaan dan Penganggaran yang Responsif Gender di Kabupaten Indragiri Hilir.

"Adanya Instruksi Presiden dan Peraturan Daerah tersebut diharapkan kepada seluruh pimpinan di instansi Pemerintah Pusat, Propinsi dan Kabupaten Kota untuk mengarusutamakan perspektif gender ke dalam setiap tahapan pembangunan, baik dalam perencanaan, pengganggaran, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi," paparnya.

Untuk diketahui, Kegiatan ini di isi oleh Tenaga Ahli Pengolahan Data utusan dari Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Inhil yang berkompeten di bidangnya serta di hadiri peserta dari setiap OPD Se-Kab. Inhil yang dalam hal ini sebagai Penanggung Jawab Data, serta berbagai pihak terkait.

"Kegiatan Rapat awal ini memberikan gambaran kepada Koordinator atau Penanggung Jawab Data dari masing-masing perangkat daerah berkaitan data-data terpilah gender dan anak yang harus di kumpulkan dan di analisa sebagai bahan penyusunan buku data terpilah gender dan anak," imbuhnya. (gallery)  


Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index