Logo GemilangPos.com

Gubernur Al Haris Pimpin Apel Pembukaan Raimuna Daerah Pramuka Jambi 2023

Gubernur Al Haris Pimpin Apel Pembukaan Raimuna Daerah Pramuka Jambi 2023

Gemilangpos.com, Muaro Jambi - Gubernur Jambi, Al Haris buka Raimuna Daerah Jambi tahun 2023. Bertempat di Bumi Perkemahan Abduramhan Sayoeti Musa, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi, (27/5/2023).

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka.

Gubernur Al Haris yang merupakan Ketua Majelis Pembina Daerah (Mabinda) Pramuka Provinsi Jambi mengatakan pendidikan kepramukaan merupakan jalur pendidikan nonformal yang diperkaya dengan pendidikan nilai-nilai gerakan pramuka dalam pembentukan kepribadian yang berakhlak mulia, berjiwa pancasila dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa.

"Pendidikan kepramukaan dilaksanakan dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among. Subjek utama pendidikan kepramukaan adalah anak-anak dan kaum muda sebagai generasi penerus bangsa yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dan pembangunan bangsa di masa yang akan datang," kata Al Haris dalam amanatnya.

"Proses penempaan diri seorang pramuka sejak usia siaga hingga pramuka pandega adalah proses pendidikan sepanjang hayat yang berlangsung terus menerus yang menjadikan seorang pramuka sebagai sosok manusia unggul dalam sikap, tindakan, etika moral, wawasan kebangsaan, kecakapan dan keterampilan sebagai bekal hidup kedepan,"

"Proses penempaan diri yang demikian dilaksanakan dalam satu wadah pembinaan yang kita kenal dengan istilah gugus depan. Seorang sosok pramuka ideal yang diharapkan sebagai pramuka yang unggul dilahirkan dari proses yang tidak mudah, tidak pula karbitan, akan tetapi dengan melewati tahapan yang cukup panjang, penuh tantangan, hambatan dan perjuangan. Oleh karena itu, apabila kita melihat pemimpin yang berhasil hari ini , lihatlah pula proses perjalanan hidupnya di masa lalu," tambah Al Haris.

Al Haris menyebutkan Raimuna merupakan sarana atau wadah pertemuan besar bagi pramuka penegak dan pramuka pandega yang rutin diselenggarakan setiap lima tahun sekali. Sebagai wadah pertemuan, raimuna hendaknya menjadi media yang baik bagi pramuka penegak dan pandega dalam mengembangkan kemampuan diri, sikap dan perilaku, rasa persaudaraan, wawasan, kepemimpinan dan kemandirian sebagai bekal generasi yang unggul.

"Raimuna daerah ini telah lama adik-adik nantikan hadirnya. Raimuna menyatukan adik- adik yang berasal dari daerah yang berbeda untuk saling mengenal satu dengan lainnya. Raimuna memberikan kesempatan yang luas bagi adik-adik untuk menunjukkan kemampuan, keterampilan, seni dan budaya daerah dan keunggulan daerah asal kontingen masing-masing. Kesemuanya itu tentu menunjukkan betapa jambi ini kaya akan khasanah budaya, memiliki potensi-potensi yang luar biasa dan tentu pada saat kegiatan nasional nanti diharapkan dapat kita tampilkan, kita tunjukkan dan perkenalkan kepada kontingen lainnya," jelasnya.

"Adik-adik patut bangga dan bersyukur bahwa Provinsi Jambi dengan potensi yang dimiliki ini diperhitungkan oleh kwartir nasional dalam berbagai penyelenggaraan kegiatan kepramukaan tingkat regional maupun nasional. Hal ini terbukti bahwa pada tahun 2023 ini, Provinsi Jambi kembali diberikan kepercayaan sebagai tuan rumah perkemahan bakti saka kalpataru dan wanabakti tingkat regional sumatera yang akan dilaksanakan Insyaallah pada bulan september 2023 ini. Tidak tertutup kemungkinan pada tahun 2024 mendatang, Jambi akan ditunjuk pula sebagai tuan rumah perkemahan saka kalpataru dan wanabakti tingkat nasional, Insyaallah,"

"Atas nama pemerintah Provinsi Jambi, saya ucapkan selamat mengikuti kegiatan raimuna daerah Jambi, semoga adik-adik dapat memanfaatkan kesempatan selama kegiatan ini dengan optimal sehingga memperoleh pengalaman yang berharga, keterampilan dan kecakapan hidup serta bertambah jumlah saudara pramuka se-provinsi Jambi melalui kegiatan ini," tambah Kamabida lagi.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index