Logo GemilangPos.com

Hardiknas 2023, Gubernur Al Haris Tekankan Penerapan Kurikulum Merdeka

Hardiknas 2023, Gubernur Al Haris Tekankan Penerapan Kurikulum Merdeka

Gemilangpos.com, Jambi - Pimpin apel peringatan Hari Pendidikan Nasional 2023 di halaman kantor GubernurJambi (02/05/2023), Gubernur Jambi Al Haris berkomitmen meningkatkan meningkatkan kualitas pendidikan di Provinsi Jambi dengan penerapan Kurikulum Merdeka.

Saat apel tersebut, Gubernur Al Haris membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan. Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makarim.

Selama tiga tahun terakhir, perubahan besar terjadi di sekitar, di mana-mana, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia. Sebanyak 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

"Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. Pada

jenjang perguruan tinggi, Adik-adik pelajar dan mahasiswa yang dulu hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar sekolah dan kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka", Kata Nadiem Makarim

Dikatakan Nadiem, Para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini. Perjalanan harus dilanjutkan, perjuangan juga mesti diteruskan, agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan yang sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

Oleh karena itu, mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan Merdeka Belajar, mendidik

generasi Pelajar Pancasila yang cerdas berkarakter, dan membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan

pendidikan yang memerdekakan", Jelas Nadiem.

Di hadapan awak media, Gubernur Al Haris mengatakan pendidikan sangat penting untuk kemajuan bangsa. Untuk itu pemerintah, baik pemerintah pusat dan daerah terus berupaya melakukan perbaikan sistem pendidikan.

"Tidak ada Negara bisa maju tanpa pendidikan, tidak ada negara bisa berkembang tanpa SDM (Sumber Daya Manusia) yang baik. Hari ini hari pendidikan nasional yang kita akumulasikan semangat bergerak para guru untuk Merdeka belajar", kata Al Haris

Al haris melihat perkembangan dan kemajuan pendidikan semakin hari semakin membaik, dari mulai Paud, Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi.

"Bahwa pergerakan dibidang pendidikan luar biasa di Indonesia ini, dari mulai terkecil Paud sampai perguruan tinggi", Tuttupnya.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index