Logo GemilangPos.com

Haris Tegaskan Jalan Kotoboyo Bukan Jalan Batubara Melainkan Jalan Alternatif

Haris Tegaskan Jalan Kotoboyo Bukan Jalan Batubara Melainkan Jalan Alternatif

GEMILANGPOS.COM - Gubernur Jambi Al Haris tegaskan jalan Kotoboyo bukan jalan khusus batubara. Ia mengatakan, jalan yang akan dibangun tersebut merupakan jalan alternatif.

"Kita mencari formulasi bagaimana pengendara batubara. Bagaimana supaya angkutan ini tidak lagi menimbulkan korban. Bagaimana yang terbaik yang kira-kira mengurangi angka kecelakaan," kata Haris.

Haris mengatakan, jalan khusus batubara yaitu di Desa Sakean kabupaten Muaro Jambi yang baru saja dilakukan ground breaking (peletakan batu pertama). Sementara jalan Kotoboyo merupakan jalan alternatif yang dibangun oleh pemerintah daerah setempat.

Senada dengan itu, Kepala Biro Perekonomian Setda provinsi Jambi Johansyah juga menerangkan hal yang sama.

"Kotoboyo bukan jalan khusus batubara . Kotaboyo itu yang sekarang tembus Bulian itu bukan jalan batubara itu adalah jalan alternatif," jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa jalan Kotoboyo tersebut dibangun oleh pemerintah kabupaten Batanghari bersama dengan TNI.

"Jalan alternatif, pembangunan sekarang kabupaten Batanghari dan melibatkan TMMD dari TNI kita nanti akan membantu mereka untuk pengerasan," ujarnya.

Johansyah mengatakan saat ini pemerintah provinsi Jambi sedang mengkaji kaji adalah jalur sungai sebagai salh satu solusi untuk pengangkutan batubara.

"Hari Minggu (9/10/2022) ini kita akan bertemu dengan salah satu investor yang akan melakukan pengerukan jalur sungai tapi belum kita putuskan," kata Johansyah. (sap)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index