Logo GemilangPos.com

Ini Alasan Mahfud Md Belum Juga Mundur dari Kabinet Jokowi

Ini Alasan Mahfud Md Belum Juga Mundur dari Kabinet Jokowi

GEMILANGPOS.COM - Calon wakil presiden (Cawapres) Mahfud Md mengungkap dua alasan belum mundur sebagai menteri di Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebagaimana diketahui, Mahfud masih menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam).

Alasan pertama, sebut Mahfud, secara aturan tidak dilarang.

"Satu, menurut aturan itu tidak dilarang. Dulu yang tidak dilarang itu menteri, pejabat-pejabat pusat lah, tetapi menjelang Pilpres yang kemarin ditambah lagi aturannya, bahkan wali kota pun ya tidak harus mundur. Aturannya ditambah, padahal itu aturan lama yang hanya menyebut menteri dan pejabat-pejabat tertentu, tapi tidak apa-apa," katanya dalam acara di Semarang yang disiarkan di YouTube Mahfud MD Official, dikutip Rabu (24/1/2024).

Alasan kedua karena ia ingin memberi contoh apakah cawapres yang masih merangkap jabatan memanfaatkan fasilitas negara atau tidak. Dia menegaskan tak pernah menggunakan fasilitas negara.

"Kedua, saya juga ingin memberi contoh, kalau saya ini menjadi calon wakil presiden masih merangkap, apakah saya masih menggunakan kedudukan saya untuk memanfaatkan fasilitas negara atau tidak. Ini sudah 3 bulan saya lakukan, saya tidak pernah menggunakan fasilitas negara," tambahnya.

Mahfud sendiri mengungkap kesepakatannya dengan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo untuk mundur dari menteri Jokowi. Hal itu sebagai respons terhadap pernyataan Ganjar Pranowo yang menyarankan mundur dari kabinet.

"Apa yang disampaikan Pak Ganjar ke publik sore ini adalah kesepakatan saya dengan Pak Ganjar sejak awal, bahwa saya pada saatnya yang tepat nanti pasti akan mengajukan pengunduran diri secara baik-baik," kata Mahfud.

Mahfud mengatakan dirinya tidak ada pertentangan dengan Ganjar. Dia lalu mengungkit pidato setelah acara Debat Pilpres 2024 pada Minggu (21/1) lalu.

"Jadi tidak ada pertentangan dengan Pak Ganjar. Itu sebabnya kalau saudara semua cermat, pada saat penutupan debat itu saya kan membacakan sebuah pernyataan, Saya berterima kasih kepada Pak Jokowi yang telah mengangkat saya 4,5 tahun lalu sebagai Menko Polhukam," kata Mahfud.

Menurut Mahfud pilihan Jokowi terhadap dirinya untuk menjadi Menko Polhukam adalah niat baik untuk rakyat. Oleh karena itu, dia menerima jabatan tersebut.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index