Logo GemilangPos.com

Jampidsus Berhasil Menyelamatkan USD 2.021.000 Terkait Proyek Pembangunan Infrastruktur BTS 4G BAKTI KOMINFO

Jampidsus Berhasil Menyelamatkan USD 2.021.000 Terkait Proyek Pembangunan Infrastruktur BTS 4G BAKTI KOMINFO

Jakarta - Tim Jaksa Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) berhasil mengupayakan penyerahan sejumlah uang sebesar USD 2.021.000 dari Tersangka AQ dan Tersangka SR. Uang tersebut diserahkan melalui pengacara yang bersangkutan.

Dalam keterangan persnya, Kapuspenkum Kejagung Dr. Ketut Sumedana Kamis (16/11/2023) menyampaikan ke publik, adapun uang tersebut diduga merupakan bagian uang yang diterima oleh kedua Tersangka dari Terdakwa Irwan Hermawan melalui perantara Terdakwa Windi Purnama, yang terkait dengan perkara dugaan tindak pidana korupsi (TPK) dan tindak pidana pencucian uang (TPPU), dalam penyediaan infrastruktur Base Transceiver Station (BTS) 4G dan infrastruktur pendukung paket 1, 2, 3, 4, dan 5 BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika Tahun 2020 - 2022.

Berdasarkan hasil penyidikan, dapat dipastikan penyerahan uang dimaksud untuk mengondisikan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap proyek pembangunan infrastruktur BTS 4G pada BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Ujar Kapuspenkum Ketut Sumedana.

Tim Penyidik tambah Ketut memastikan penyerahan uang tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan tindakan hukum yang dilakukan oleh Kejaksaan Agung.

Saat ini, Tim Penyidik juga sedang mendalami apakah uang tersebut telah didistribusikan kepada pihak lain ataukah ada pihak lain yang terlibat dalam upaya pengondisian dimaksud.

Terhadap sisa kekurangan uang yang ada sampai saat ini, Tim Penyidik masih mengupayakan kepada yang bersangkutan untuk dilakukan penyerahan, jelas Ketut.  (Suhend)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index