Logo GemilangPos.com

Kasus gigitan HPR tinggi, Pemkab Siak Segera bentuk Tim penanggulangan Rabies

Kasus gigitan HPR tinggi, Pemkab Siak Segera bentuk Tim penanggulangan Rabies
Situasi saat penanggulangan Rabies berlangsung

GEMILANGPOS.COM - Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) Siak memberikan Bimbingan Teknis  (Bimtek) penanggulangan Rabies ke petugas Paramedis dan Dokter Hewan dilapangan, kegiatan berlangsung selama 3 hari di Kecamatan mempura dan Dayun, mulai dari 14 - 16 November 2023.

Menurut Kepala Diskannak Kaharudin, kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas petugas lapangan sebelum diterjunkan untuk melaksanakan kegiatan penanggulangan Rabies d wilayahnya masing masing.

Materi yang diberikan berupa pengenalan jenis jenis vaksin dan cara penyimpanannya, sehingga rantai dingin vaksin bisa terus terjaga sampai disuntikkan ke tubuh Hewan Penular Rabies.

Selain itu, proses penguasaan HPR juga turut di ajarkan, "ini dimaksdkan supaya petugas kita aman dari serangan HPR, waktu dia sedang bertugas, ya sekaligus mempermudah saat vaksinasi," ujar Kadiskannak Kaharudin dikantornya Kamis (23/11/23).

Kata dia, penanggulangan HPR harus serius, karna menyangkut keselamatan manusia, sehingga perlu adanya peran dari berbagai pihak untuk mewujudkan Siak Bebas Rabies.

"Kita koordinasi dengan Dinkes, melalui Puskesmas mereka, dalam Bimtek ini kan juga kita libatkan, selain itu Pemdes dan paratokoh juga kita libatkan", kata Mantan Sekretaris Dinas Perkebunan Siak ini. (INF/ADV - dd)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index