Logo GemilangPos.com

Momen Milad Inhil ke-57, Dinkes Inhil Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Momen Milad Inhil ke-57, Dinkes Inhil Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

TEMBILAHAN, – Momentum Milad Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) Ke-57, Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhil gelar kegiatan Pemeriksaan Kesehatan Gratis kepada masyarakat yang datang mengikuti CFD di Tembilahan, Jalan Swarna Bumi, Minggu (12/6).

Plt Dinkes Inhil, Budi N Pamungkas melalui Kabid P2P Devi Natalia mengatakan Dinkes Inhil ikut berperan dalam penyelenggaraan senam sehat bersama, dan melibatkan tenaga kesehatan dari 3 Puskesmas yakni Puskesmas Tembilahan Hulu, Tembilahan Kota dan Gajah Mada melakukan pemeriksaan kesehatan dan deteksi dini faktor resiko Penyakit tidak menular serta konseling masalah gizi.

“Adapun kegiatan yang kita lakukan yang pertama senam bersama, kemudian pemeriksaan kesehatan, tensi, gula darah dan lainmya.

PMI juga ambil bagian dalam kegiatan donor darah kemudian BPJS Kesehatan bekerjasama dengan laboratorium Prodia Pekanbaru melakukan deteksi dini kanker leher rahim (papsmear),” ucap Devi Natalia.

Lebih lanjut, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan Dinkes merupakan upaya percepatan deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) yang mana PTM ini merupakan penyebab kematian tertinggi di Indonesia bahkan di dunia.


“Kita tau PTM merupakan penyebab kematian tertinggi di dunia sehingga diperlukan upaya percepatan deteksi dini, dengan memanfaatkan momen Milad Kabupaten Indragiri hilir ke 57 tahun 2022.

Masyarakat terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terutama untuk pemeriksaan penyakit tidak menular,” ujarnya.

Kendati demikian, ia berharap Dengan melakukan deteksi dini PTM nanti nya akan diketahui faktor resiko PTM sehingga bisa dilakukan upaya pencegahan termasuk diet gizi seimbangnya. (Galery)


Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index