Logo GemilangPos.com

Pemerintah Bisa Gunakan Anggaran BTT Bantu Masyarakat Terdampak Banjir

Pemerintah Bisa Gunakan Anggaran BTT Bantu Masyarakat Terdampak Banjir

Gemilangpos.com, Jambi Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mendorong pemerintah untuk memberikan solusi jangka pendek terhadap masyarakat yang terdampak banjir.

Sebagaimana diketahui, pada awak 2024 ini sejumlah daerah di Provinsi Jambi dilanda banjir cukup parah, seperti di Kerinci, Sungai Penuh, Bungo, dan Tebo.

Edi Purwanto meminta agar pemerintah bisa melakukan upaya-upaya pemberian bantuan kepada masyarakat, termasuk dengan mendirikan titik kumpul darurat serta dapur umum bagi masyarakat terdampak.

Hal ini mengingat banjir yang belum surut dibeberapa wilayah sehingga perlu di bangun posko-posko termasuk juga posko kesehatan.

"Pertama tentu kita prihatin dengan kondisi banjir di beberapa wilayah di Jambi, dan saya pikir jangka pendeknya pemerintah perlu melakukan upaya bantuan-bantuan, seperti baju, selimut makanan itu perlu dilakukan," kata Edi Purwanto, Senin (15/1).

"Termasuk juga kesehatan masyarakat, balita, anak-anak, lansia yang rentan kesehatannya," ujarnya menambahkan.

Secara anggaran, disampaikan oleh Edi Purwanto bahwa Pemerintah Provinsi Jambi memiliki anggaran belanja tidak terduga (BTT).

Tidak hanya provinsi, pemerintah kabupaten/kota pun, kata Edi Purwanto, juga memiliki anggaran BTT yang dapat dipergunakan.

"Anggaran ini dikelolah dengan baik untuk penanggulangan masyarakat yang terdampak banjir ini," terangnya.

Di sisi lain, Edi Purwanto menyebut bahwa perlu juga dilakukan koordinasi terkait dengan donasi-donasi yang diberikan oleh donatur.

Hal ini agar donasi yang diberikan dapat terdistribusi dengan baik kepada masyarakat yang terdampak.

"Kemudian para donatur-donatur yang memberikan donasinya bisa dikoordinasikan sehingga satu pintu, jadi distribusinya terakomodir ke titik-titik yang membutuhkan bantuan," pungkasnya.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index