Logo GemilangPos.com

Pemkab Inhil Melaksanakan Audiensi Bersama BRGM

Pemkab Inhil Melaksanakan Audiensi Bersama BRGM
Suasana saat rapat berlangsung

GEMILANGPOS.COM - Tembilahan- Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) yang dalam hal ini diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kab. Inhil H. Tantawi Jauhari melaksanakan Audiensi bersama Badan Restorasi Gambut dan Mangove (BRGM) Indonesia, bertempat di ruang rapat Sekda lantai 3 Kantor Bupati Inhil, Selasa (5/2/2024).

Audiensi ini digelar dalam rangka menjalin koordinasi dan sinkronisasi program rehabilitasi mangrove terutama terkait pengembangan wilayah pedesaan serta kawasan landskap mangrove (KLM).

Turut hadir dalam kesempatan ini, Kasubpokja penguatan kelembagaan dan kemitraan, Kepala Dinas PMD, Camat Kuindra.

"Kami menyambut baik pertemuan bersama BRGM ini dan berharap terjalin sinergi yang baik,"ucap Asisten

Melalui sinergi dan koordinasi yang terbangun dengan baik, diharapkan keberadaan BRGM bisa dioptimalkan untuk membantu pemerintah daerah dalam melaksanakan kegiatan yang berkaitan di lapangan.

Adapun dalam pertemuan itu, Kepala BRGM Dermawati Sihite memaparkan peranan pihaknya dalam upaya pencegahan kebakaran hutan di lahan gambut.

Ia mengatakan, BRGM membangun infrastruktur pembasahan gambut untuk memperlambat laju pengeringan sehingga saat cuaca tidak mendukung, air yang tersimpan masih tercukupi.

Selanjutnya ia juga mengungkapkan cara pemanfaatan gambut secara bijak dan berkelanjutan melalui sejumlah tahapan yang harus dilakukan dengan baik.

Yakni menetapkan dan memfungsikan ekosistem gambut dalam setiap KHG, menerapkan prinsip berbagi air, serta memastikan muka air tanah tidak kurang dari batas minimal yang dipersyaratkan.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index