Logo GemilangPos.com

Pj Bupati Inhil Herman Panen Raya Padi Unggul Lokal Di Desa Sanglar Reteh

Pj Bupati Inhil Herman Panen Raya Padi Unggul Lokal Di Desa Sanglar Reteh
Pj Bupati Inhil Herman saat akan melakukan panen raya padi unggul

GEMILANGPOS.COM - Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Herman SE MT di dampingi Pj Ketua TP PKK Inhil Hj Katerina Susanti melakukan panen raya padi unggul  bersama kelompok tani Teras Jaya Desa Sanglar Kecamatan Reteh, Sabtu, (23/12/2023).

Turut menghadiri kegiatan tersebut Dandim 0314/Inhil, OPD terkait, Camat dan ketua TP PKK Reteh, kelompok tani serta masyarakat sekitar.

Panen raya bibit unggul lokal tersebut juga di sejalankan dengan 'Gerakan tanam padi unggul lokal' yang di tandai dengan penanaman benih bibit padi lokal jenis IP 300 (Karan Dukuh) oleh Pj Bupati beserta Dandim 0314/Inhil, Kadis Pertanian, Pj Ketua TP PKK serta Camat Reteh.

Pj Bupati Inhil Herman juga berkesempatan temu ramah dan menyerahkan bantuan berupa bibit padi oleh BSIP bekerjasama dengan Pemda Inhil kepada Kelompok Tani di desa Sanglar.

Dalam dialog ramah tamahnya Pj Bupati menyampaikan, “Kecamatan Reteh salah satu Wilayah/Daerah Kawasan Sentra Produksi Pangan terluas di Inhil dengan luas baku sawah 2.530,69 Ha dengan Produktivitas  Padi 42,98 Kwintal/Ha. Produksi padi di Kabupaten Indragiri Hilir pada tahun 2022 mencapai 73.601,84 Ton dengan produktifitas rata rata 40,92 Kwintal/Ha".

“Melalui momen Tanam dan Panen Raya Padi yang dilaksanakan bersama hari ini, saya berharap kelompok tani di Desa sanglar khususnya di Kecamatan Reteh bisa lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan Tanam Padi Unggul Lokal Spesifik Inhil dan akan mendapatkan hasil panen maksimal," ujarnya.

“Dalam kesempatan ini saya  selaku Kepala Daerah akan terus mensupport Petani dengan bantuan bantuan Sarana Produksi Padi baik pupuk, Benih, Pestisida maupun alat mesin pertanian prapanen dan Pasca PanenPanen dan mentargetkan pada tahun 2024 mendatang akan melaksanakan tanam padi serentak dengan luas 3000 hektar,“ungkap pj.

“Terakhir saya berpesan Kepada Kelompok Tani untuk membenahi resmiling sehingga menghasilkan kwalitas beras  di hasilkan bagus," tutup pj bupati.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index