Logo GemilangPos.com

Pompong Hias Budaya Lokal Sungai Intan, Inhil

Pompong Hias Budaya Lokal Sungai Intan, Inhil
Istimewa

INHIL,- Ketika mendengar kata Pompong masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) tidak asing lagi dengan nama itu. Dimana Pompong digunakan oleh masyarakat Indragiri Hilir untuk transportasi mereka, sebab sebagian masyarakat setempat bertempat tinggal disisi perairan Indragiri hilir.

Pompong (Kendaraan laut) dengan alat tenaga penggerak menggunakan mesin diesel ini merupakan ikon masyarakat Indragiri Hilir yang digunakan oleh masyarakat pesisir berpergian melalui perairan sungai Indragiri menuju Ibu Kota Tembilahan.

untuk mengangkat budaya lokal masyarakat Indragiri Hilir, masyarakat Desa Sungai Intan menggelar Iven Festival Sungai Indragiri ketiga dengan budaya lokal berupa Pompong Hias dalam rangka memperingati Gema Muharam.

“Dengan digelarnya festival ini, Pemerintah Kabupaten Inhil sangat mengapresiasi dimana kegiatan ini sebagai ajang hiburan masyarakat sekaligus menggemakan tahun baru Islam. Semoga kedepan kegiatan tradisional ini menjadi iven kegiatan tahunan. Sebab Pompong adalah simbol kearifan masyarakat Inhil,

“Untuk itu saya berharap kepada instansi terkait agar mensufot dan mendukung terus budaya tradisional. Dan kepada masyarakat, saya menyampaikan ucapan terimakasi sehingga kegiatan ini terlaksana dengan baik. Dengan kegiatan ini sekaligus merayakan tahun baru islam, semoga kita memaknai pergantian tahun islam, menjadi pribadi yang baik.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index