Logo GemilangPos.com

Prabowo-Gibran Janjikan Pemutihan Utang Petani dan Nelayan

Prabowo-Gibran Janjikan Pemutihan Utang Petani dan Nelayan

GEMILANGPOS.COM - Tim kampanye Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menjanjikan akan memutihkan utang para nelayan dan petani atas kredit usaha mereka selama ini.

Hal itu diungkapkan Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo di acara pemenangan Prabowo-Gibran satu putaran bersama para relawan di MG Setos, Kota Semarang, Minggu (21/1/2024). "Pak Prabowo dan Mas Gibran, hari kedua dan ketiga (setelah terpilih menjadi presiden dan wakil presiden), mereka akan hapus semua utang itu. Akan melakukan pemutihan," kata Hashim, dikutip dari siaran pers resmi. 

Pemutihan utang itu dilakukan agar para petani dan nelayan terbebas dari masalah finansial sehingga mereka tidak lagi dikejar-kejar oleh pihak bank dan bisa meminjam kembali untuk ongkos produksi. "Kita akan lakukan pemutihan agar supaya jutaan petani dan nelayan bisa pinjam lagi. Tidak akan ditagih oleh bank-bank. Kita hapus. Mereka diberi hak pinjam lagi. Mau pinjam Rp 5 juta, Rp 10 juta, Rp 500 ribu, monggo. Pemerintah Prabowo-Gibran akan beri hak," ujar Hashim. Menurut catatannya, ada 8 juta petani dan nelayan yang terlilit utang dari kredit usaha. Mereka disebut tidak mampu membayar utang pokok dan bunga. 

Dari angka itu, bahkan ada yang berutang sejak tahun 1990 dan 2000-an. Ujung-ujungnya, sebagian besar dari mereka terjebak di rentenir dan pinjaman online. Oleh sebab itu, persoalan ini butuh solusi mendesak. Mengenai dampak kebijakan pemutihan utang ke sistem perbankan, Hashim menjamin perbankan nasional akan tetap sehat. "Kita jamin perbankan nasional tetap sehat. Tidak akan rusak. Bank itu tidak rugi karena utang lama diganti asuransi kredit, maka tidak rugi," kata dia.

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index