Logo GemilangPos.com

Raup Rp870 Triliun, Bos TikTok Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia

Raup Rp870 Triliun, Bos TikTok Masuk Daftar Orang Terkaya Dunia
Zhang Yiming

Gemilangpos.com, Jakarta - Pendiri TikTok, Zhang Yiming bergabung ke dalam daftar orang terkaya di dunia. Dia meraup kekayaan sebesar US$ 60 miliar atau setara Rp 870 triliun (kurs Rp 14.500).

Dia kini berada di jajaran orang terkaya dunia bersama rekan Tiongkok lainnya, yaitu pendiri Tencent Ma Huateng dan raja air minum kemasan Zhong Shanshan.

Meskipun ada kendala, Zhang Yiming lewat bendera perusahaan ByteDance terus berkembang. Salah satu kendala yang sempat dialaminya adalah ketika Donald Trump saat menjabat Presiden Amerika Serikat (AS) menjegal TikTok.

Zhang yang memiliki sekitar seperempat ByteDance diperkirakan memiliki kekayaan lebih dari US$ 60 miliar, dari total valuasi ByteDance yang diperkirakan mencapai US$ 250 miliar.

"Zhang adalah seseorang yang dikenal karena berpikir jangka panjang dan tidak mudah dibujuk oleh kemunduran jangka pendek," kata Ma Rui, partner di perusahaan modal ventura Synaptic Ventures dilansir detikcom dari Business Times, Kamis (15/4/2021).

"Dia siap membangun bisnis global yang langgeng," sambungnya.

Namun, saat ini adalah waktu yang sulit untuk menjadi kaya di China. Sebab, pemerintah China berusaha mengendalikan perusahaan paling kuat di negara itu.

Meskipun ByteDance belum dipilih sebagai target, dominasinya di media sosial adalah area sensitif yang sedang diperhatikan pemerintah.

Dengan TikTok menghadapi pengawasan di AS dan India, Zhang telah berupaya lebih keras dalam bisnis ByteDance yang baru lahir dan berkembang pesat di China, mulai dari game, pendidikan hingga e-commerce. Berdasarkan bocoran, itu membantunya meningkatkan penjualan menjadi sekitar US$ 35 miliar tahun lalu dan laba operasi menjadi US$ 7 miliar.***

Sumber: detik.com

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index