Logo GemilangPos.com

STQH Nasional Ke-XXVII di Jambi Dibuka Secara Langsun Wapres Ma'aruf Amin

STQH Nasional Ke-XXVII di Jambi Dibuka Secara Langsun  Wapres Ma'aruf Amin

Gemilangpos.com, Jambi - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'aruf Amin secara resmi membuka Selesai Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) Nasional ke XXVII.

Pembukaan STQH ke-XXVII ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Ma’aruf Amin dan didampingi Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Gubernur Jambi Al Haris.

Wakil Presiden RI, Ma’aruf Amin mengatakan Al-Qur’an dan hadist adalah merupakan warisan yang ditinggalkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wassalam. “Oleh sebab itu Al-Qur’an dan hadist harus kita jadikan pedoman dalam hidup kita,” kata Wapres.

Wapres Ma’arif Amin juga mengatakan agar Al-Qur’an tidak hanya sekedar membaca  huruf demi huruf dengan tajwid dan tiraah dan juga dilombakan. “Melainkan harus mempelajari maknanya, mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Mengunakan Qur’an dan hadist sebagai madhaj berpikir dan logika, Alquran dan hadis menjadi logika berpikirnya,” ujarnya.

Ma’arif Amin juga minta generasi muda Muslim Indonesia untuk tidak meninggalkan Al-Qur’an dan hadist sebagai panduan hidup. “Kegemaran terhadap teknologi jangan sampai menyita seluruh perhatian kita sehingga kita lupa untuk membaca Al-Qur’an dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

“Saya minta Literasi Alquran umat Islam di Indonesia untuk terus ditingkatkan ditengah perkembangan teknologi dan arus informasi digital. Saya meyakini tantangan yang kian berat saat ini justru menurut generasi Qurani yang semakin kuat, generasi Qurani adalah modal pembangunan yang perlu terus dibina untuk membawa kemajuan bagi bangsa dan negara,” sebutnya.

Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kedatangan Wapres RI Ma’aruf Amin dan seluruh undangan yang hadir pada acara pembukaan STQH ke-XXVII.

Al Haris juga mengungkapkan berterima kasih kepada Menteri Agama yang telah menunjuk Jambi sebagai tuan rumah STQH ke-XXVII.

“Selamat datang dan terima kasih kepada Bapak Wakil Presiden ditengah kesibukannya sudah sempat hadir pada pembukan STQH ke-XXVII ini. Dan terima kasih untuk semua undangan yang hadir,” katanya.

“Sudah 26 tahun silam tepatnya sejak 1997 lalu kita terakhir mengadakan event MTQ Nasional. Alhamdulillah yang kami nantikan Provinsi Jambi jadi tuan rumah, ini tugas besar yang mulia dan tak ada rasa berat dan kami sambut rasa suka cita karena ini kesempatan membumikan Al Quran,” sebut Al Haris lagi

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index