Bersama PKRS Puri Husada Tembilahan Spesialis Anak, Kenali Hapatitis Akut Pada Anak

By Redaksi 19 Mei 2022, 08:55:15 WIB Gallery
Bersama PKRS Puri Husada Tembilahan Spesialis Anak, Kenali Hapatitis Akut Pada Anak

GEMILANGPOS.COM Tembilahan - Bersama PKRS Puri Husada Tembilahan Dr. karlince Sitanggang,Sp.A (spesialis anak), dengan tema hepatitis akut pada anak, Berlangsung di Radio Gemilang FM  jl. Akasia Tembilahan kabupaten Indragiri Hilir (18/05/22) pagi.

Setelah dua tahun dilanda pandemi Covid-19, dunia kembali dihebohkan atas penemuan hipatitis akut yang menyerang anak-anak. Hepatitis akut adalah penyakit berbahaya yang penyebarannya terbilang sangat cepat, bahkan kini sudah mulai masuk di Indonesia.

Dalam paparannya dr.karlince Sitanggang,Sp.A, (Dokter spesialis anak) mengenai hepatitis akut pada anak, Kemenkes masih terus melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap serta penyelidikan epidemiologi sebagai upaya untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari Hepatitis akut misterius. Meski demikian, ada beberapa ciri-ciri hepatitis akut pada anak yang bisa dikenali. 


" (WHO) melaporkan kejadian hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak di berbagai negara, kenapa disebut misterius karena sampai saat ini belum diketahui penyebabnya secara pasti sehingga memerlukan penelitian mendalam," ujarnya  

Perlu diketahui Hepatitis adalah kondisi peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, bahan kimia, obat-obatan, alkohol, hingga kelainan genetik tertentu. Hepatitis bisa muncul secara tiba-tiba lalu hilang (akut), atau bisa juga merupakan kondisi jangka panjang yang memicu kerusakan hati yang progresif (kronis).

Lebih lanjut dikatakan, Meskipun sifatnya menimbulkan kerusakan hati, tetapi penyebabnya hingga saat ini masih misterius. Bahkan, hasil dari pemeriksaan laboratorium pada sejumlah anak di luar negara, beberapa negatif hepatitis A,B,C,D dan E. 

Secara umum, penyakit hepatitis pada anak bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama terpapar virus yang menyebabkannya.

" Ketika anak-anak maupun orang dewasa mengalami gejala hepatitis akut, sebaiknya segera membawanya ke Dokter Spesialis Anak. Jenis perawatan dan pengobatan hepatitis akut akan tergantung pada gejala, usia, dan kesehatan secara keseluruhan pasien. Pengobatan hepatitis dilakukan untuk menghentikan kerusakan hati dan membantu meringankan gejala dan pada kasus yang parah, pasien mungkin memerlukan rawat inap di rumah sakit," jelas beliau.

Untuk membantu mencegah penyebaran virus hepatitis sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menghindari agar tidak terinfeksi, langkah pencegahan ini dilakukan untuk menekan laju penyebarannya. 

Adapun Penyebarannya bisa melalui tetesan pernapasan, kontak pribadi, atau melalui benda-benda yang disentuh orang.  

"Tindakan pencegahannya meliputi yaitu dengan, Mencuci tangan, Pastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih, Minum air bersih yang matang, Tidak bergantian alat makan, Buang tinja dan atau popok sekali pakai pada tempatnya, Hindari kontak dengan orang sakit , serta patuhi protokol kesehatan, termasuk memakai masker dan menjaga jarak," ujar nya.

Jangan tunda untuk membawa si Kecil yang memiliki gejala ke fasilitas layanan kesehatan terdekat. (Galery) 





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment