image
Bhabinkamtibnas Gendong Pasien Suspek yang Sesak Ke UGD RSUD Tembilahan

Gemilang.pos - Ha (61), seorang pasien suspek covid 19 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Puri Husada (PH) Tembilahan, Minggu (18/7/21).

Sebelumnya, H mengeluhkan sesak nafas sehingga meminta kepada Ketua RT setempat untuk segera di bawa ke Rumah Sakit, Jum’at (16/7/21) sekitar 05.50 WIB.

Namun Ketua RT dan warga ragu dan tidak berani, karena sehari sebelumnya anak kandung H terkonfirmasi positif covid 19 dan menjalani isolasi di Gedung Islamic Center Tembilahan.

Hal ini membuat tidak ada warga yang berani datang kerumah H untuk membawanya, selain tidak memiliki Alat Pelindung Diri (APD) juga status sebagai kontak erat membuat warga sedikit panik.

Oleh karena itu, Marwan selaku Ketua RT 010/RW 004 berinisiatif untuk menghubungi Bhabinkamtibnas Kelurahan Sungai Perak Bripka Dedek Kurniawan.

Tidak menunggu waktu lama, Bripka Dedek Kurniawan bergegas menuju ke Kelurahan Sungai Perak untuk mengevakuasi H yang sudah dalam kondisi mengkhawatirkan.

Sekitar pukul 06.45 WIB, Bripka Dedek berangkat menuju Kelurahan sungai perak dengan menggunakan sepeda motor dinas dan menyebrang menggunakan Pompong.

Berbekal baju Hazmad (APD) dan gerobak pinjaman dari Ketua RT, Bripka Dedek tanpa ragu langsung memasuki rumah pasien memulai proses evakuasi pasien menuju RSUD Puri Husada Tembilahan.

“Melihat kondisi pasien yang memprihatinkan, segera saya hubungi pihak Puskesmas Gajah Mada untuk meminta Pihak Puskesmas Gajah Mada membuatkan rujukan agar dirawat di RSUD,” ungkap Bripka Dedek

Sekitar pukul 10.00 WIB, Bripka Dedek bersama penambang pompong dan pasien berangkat menuju RSUD Puri Husada Tembilahan.

Sambil menunggu tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Gajah Mada untuk membawakan surat rujukan, Bripka Dedek dan pasien pun tetap berada di dalam pompong hingga akhirnya sekitar pukul 11.20 WIB nakes dari Puskesmas Gajah Mada datang ke pelabuhan.

Kendala pun harus di hadapi saat akan membawa pasien dari pelabuhan RSUD PH menuju UGD RSUD Tembilahan karena terkendala ambulance.

“Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit akhirnya tiba di pelabuhan RSUD Tembilahan. Kemudian Nakes mengatakan ambulance rumah sakit sopirnya sudah pulang untuk melaksanakan Shalat Jum'at,” ujar Bripka Dedek.

Namun Bripka Dedek tidak kehilangan akal mengingat kondisi pasien yang sudah sesak dan membutuhkan oksigen secepatnya, sehingga Bripka Dedek berinisiatif untuk menggendong pasien menuju UGD RSUD PH Tembilahan.

“Tanpa pikir panjang pasien saya naikan ke atas dermaga kemudian saya gendong di pundak saya dibantu oleh penambang pompong memegang bagian belakang pasien.

Jaraknya dari pelabuhan menuju UGD kurang lebih 500 meter. Alhamdulillah setelah di UGD cepat dapat pertolongan medis,” imbuh Bripka Dedek.

Bripka Dedek menambahkan, pasien tinggal bertiga dengan istri dan anaknya yang terkonfirmasi positif dirumah tersebut.

“Saat ini pasien menunggu hasil swab PCR bersama Istri yang dalam kondisi baik aja.

Di rumah pasien sekarang kosong dan anaknya yang positif sudah di isolasi di Gedung Islamic Center.

Untuk keluarga yang terkonfirmasi, semoga sehat kembali dan bisa pulang ke rumah nantinya,” pungkasnya.

 

 

 

Sc : (Tribunpekanbaru)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

4222-07-41-2031343511A790A374.jpg_480A0A1A80.webp

Baterai Xiaomi Redmi 7A Diklaim Mampu Bertahan Hingga 2 Hari

🕔22:10:31, 06 Agu 2019

Gemilangpos.com-Smartphone keluaran baru Xiaomi tipe Redmi 7A disebut bisa jadi solusi saat “blackout” atau listrik padam dalam jangka waktu yang lama karena memiliki kapasitas . . .

IMG-20210211-WA0101_wm.jpg

Rapat Bulanan Forkopimda, Bupati Wardan Bahas Sekolah Tatap Muka

🕔18:10:43, 11 Feb 2021

TEMBILAHAN, - Pemerintah Kabupaten lnhil gelar rapat koordinasi bulanan pejabat Pemda bersama Forkopimda kabupatren lnhil bahas persiapan penyelenggaraan sekolah tatap muka (STM) yang . . .

View all comments

Write a comment