BUMDes Seroja Desa Marsawa Raih Omset 2 Milyar Perbulan

By Redaktur 03 Feb 2022, 20:21:14 WIB Kuantan Singingi
BUMDes Seroja Desa Marsawa Raih Omset 2 Milyar Perbulan

GEMILANGPOS.COM Kuansing,- Saat ini, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Seroja Desa Marsawa Kecamatan Sentajo Raya berusia belum genap empat tahun dan memiliki 20 karyawan, dan saat ini memiliki omset satu hingga dua miliar rupiah perbulan.

Diceritakan Ferianto Purnomo Direktur BUMDesa Seroja, diawali sekitar April 2018 lalu dengan usaha pengelolaan pasar aset desa, dibantu beberapa orang tim kerja pendapatan dari usaha itu terus meningkat dan mampu mengumpulkan laba.

Unit usaha BUMDes mulai meluas dari yang sebelumnya unit pengelolaan pasar, tiga bulan berikut di tahun yang sama pengelola membuka unit usaha baru yakni jasa perkreditan barang.

"Saat itu, meskipun baru tiga bulan berjalan kedua unit usaha itu berkembang bagus, sehingga pada awal 2019 kita MPTB pertama dan berhasil meraih laba bersih sebesar Rp28 juta," cerita Feri, kepada Rakyatterkini.com, pada acara Musyawarah Pertanggungjawaban BUMDes (MPTB), Selasa (25/1/2022).

Setahun kemudian, lanjut alumni UNRI ini, sekira September 2019 BUMDes Seroja mendapat dukungan dari Pemdes Marsawa melalui penyertaan modal sebesar Rp300 juta yang bersumber dari Dana Desa dan Bankeu Provinsi, masing-masing Rp150 juta.

Dari modal itu, berdasarkan ide serta pemetaan dari potensi desa, Feri dan tim kerja BUMDes kala itu mengambil langkah yang tepat yaitu mengembangkan usaha perkreditan dan mendirikan unit simpan pinjam menggalang tabungan masyarakat dengan menempatkan sebagai investor.

Berjalannya waktu, tambah Feri, perkembangan BUMDes yang berlokasi di wilayah perkebunan sawit ini terus meningkat, berbagai macam unit usaha dibuka dan berkembang dengan baik. Saat ini, ada delapan unit usaha jasa dan perdagangan yang dijalankan BUMDes.

"Alhamdulilah, tahun ke tahun laba BUMDes terus meningkat. Pada MPTB 2021 kita mencatat laba bersih Rp547 juta. Ini naik signifikan jika dibanding tahun sebelum Rp145 juta. Jadi, berkembangnya BUMDes Seroja, ini buah dari kerja keras dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat," pungkasnya.

Sumber : riauterkini.com




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment