Data Dinkes Provinsi Jambi, Penderita TBC di Provinsi Jambi 2.405 Orang

By Redaktur 24 Sep 2022, 00:17:12 WIB Jambi
Data Dinkes Provinsi Jambi, Penderita TBC di Provinsi Jambi 2.405 Orang

GEMILANGPOS.COM, Dikutip dari CNN Indonesia, Penyakit tuberkulosis (TBC) di Indonesia masuk dalam 10 besar dunia.
Indonesia menempati peringkat ketiga setelah India dan Cina dengan negara tertinggi kasus TBC. Di provinsi Jambi sendiri, tercatat pada Dinas Kesehatan provinsi Jambi. Hingga saat ini, ada 2.405 orang penderita penyakit TBC. Kamis, (22/9/2022). Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinas Kesehatan Provinsi Jambi dr. Najatul Hasanah mengatakan, TBC merupakan salah satu penyakit yang cukup cepat menular.

"TBC salah satu penyakit menular, penularannya pun cukup mudah. Ketika orang yang sakit batuk atau bersin lalu mengeluarkan partikel ke yang sehat. Maka orang sehat tadi bisa tertular," jelasnya. Berdasarkan laporan yang diterima Dinkes Provinsi Jambi, saat ini kabupaten Sarolangun menjadi daerah tertinggi dengan pasien penderita TBC.

Dr. Najatul Hasanah menerangkan, data yang diterima Dinkes Provinsi Jambi belum mencakup secara keseluruhan. Karena menurutnya, masih banyak pasien TBC yang tidak terdata.

"Banyak kasus TBC yang tidak kita temukan, perkiraan kasus TBC sebanyak 5.820. dan yang ditemukan hanya 3.685 di tahun 2021 artinya ada 40 kasus yang tidak terdata," terangnya. Meski belum ada laporan kematian akibat TBC di provinsi Jambi, namun Najatul mengatakan pencegahan perlu dilakukan.

"Maka kalau batuk lebih dari 2 minggu tidak sembuh-sembuh, tolong datang ke fasilitas kesehatan. Apalagi kita ini hidup di negara tropis," pungkasnya. (adv)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment