DP2KBP3A Inhil Dampingi Forum Anak Serahkan Kartu KIA

By Redaksi 21 Jul 2022, 21:22:37 WIB BP2KP3A Inhil
DP2KBP3A Inhil Dampingi Forum Anak Serahkan Kartu KIA

GEMILANGPOS.COM, Inhil-Forum Anak Daerah Kabupaten Indragiri Hilir (FA Inhil) dibawah binaan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Inhil bersama Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) melakukan kegiatan penyerahan Kartu Identitas Anak (KIA), Kamis (21/7/2022).

Kepala DP2KBP3A Inhil, R. Arliansyah melalui Kabid PPA dan PHA Siti Munziarni, mengatakan KIA berfungsi sebagai upaya untuk meningkatkan pendataan warga negara, perlindungan dan pelayanan publik, dan upaya memberikan perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara. 

"Tidak hanya sebagai data penduduk, KIA juga memiliki banyak manfaat bagi anak, diantaranya digunakan untuk keperluan persyaratan mendaftar sekolah, mencegah terjadinya perdagangan anak, melindungi pemenuhan hak anak, menjadi bukti identitas diri anak, sebagai syarat mengurus perbankan bila anak ingin memiliki tabungan sendiri, sebagai syarat mendaftar BPJS dan mengurus klaim asuransi," katanya.

Ia menuturkan, oleh karena itu, tujuan kegiatan ini untuk memfasilitasi pendampingan kegiatan Forum Anak untuk berkunjung ke instansi pendukung seperti Disdukcapil Inhil, terkait Kabupaten Layak Anak (KLA).

"Tujuan kunjungan ini untuk membantu atau berperan aktif dalam mensosialisasikan pentingnya dokumen kependudukan dan juga untuk melihat proses tata cara pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA) dan membagikan pengalaman tersebut serta menyuarakan pemenuhan hak anak," paparnya.

Kadis Dukcapil Inhil melalui Sekretaris, Nursal mengucapkan terima kasih atas kunjungan Forum Anak dan DP2KBP3A Inhil.

"Kami akan membantu program kegiatan Forum anak dalam mendukung KLA, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada DP2KBP3A Inhil dan Forum Anak sudah mau dan berperan dalam kepengurusan KIA," tuturnya.

Dalam hal ini Disdukcapil Inhil menyerahkan 5 keping KIA kepada Forum Anak Inhil secara simbolis




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 6 Komentar untuk Berita Ini

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment