Hendak Ambil Poto, Warga Batu Ampar Ini Malah Diserang Gajah Liar

By Redaksi GP 28 Agu 2021, 15:34:06 WIB Riau
Hendak Ambil Poto,  Warga Batu Ampar Ini Malah Diserang Gajah Liar

Keterangan Gambar : Desa Batu Ampar Kecamatan Kemuning


Gemilangpos.com - Senin sampai Selasa (23-24 Agustus 2021) Tim Resort Kerumutan Selatan (Pekan Heran) bersama petugas Balai Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) dan Bhabinsa melakukan mitigasi konflik satwa liar Gajah sumatera di Desa Batu Ampar  Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir.

 

Tim berkoordinasi dengan Kepala Desa dan mencari informasi terkait keberadaan Gajah sumatera. Dimonitor masih berada di areal perkebunan masyarakat Batu Ampar

 

Keesokan harinya, Tim melakukan briefing bersama masyarakat terkait penggiringan Gajah liar tersebut.  Tim menuju lokasi keberadaan satwa liar Gajah yang berada di perkebunan masyarakat.

 

Di dalam perjalanan Tim menjumpai beberapa sawit masyarakat yang di rusak satwa, Timpun mendapatkan informasi adanya masyarakat yang di serang oleh satwa tersebut.

 

Warga bernama Zuliadi sedang melakukan pengambilan gambar/foto berjarak 20 m dari Gajah sumatera, tiba-tiba satwa tersebut berbalik dan menyerangnya menggunakan belalainya. Beruntung warga tersebut tidak mengalami luka serius dan hanya memar pada bagian dada.

 

Tim melakukan sosisialisasi kepada warga supaya tidak melakukan tindakan yang membahayakan diri sendiri, ataupun membahayakan satwa liar Gajah sumatera karena satwa tersebut dilindungi UU.

 

Disebutkan, dua  gajah liar ini berasal dari kawanan gajah Jambi yang terpisah dari rombongan

Tim menemukan satwa liar Gajah sumatera dan mencoba melakukan penggiringan namun belum berhasil. Tim akan terus mencoba melakukan penggiringan karena hutan TNBT berada 2 km dari lokasi tersebut. (JA)






Sumberdata:(BKSDARiau)









Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

4222-07-41-2031343511A790A374.jpg_480A0A1A80.webp

Baterai Xiaomi Redmi 7A Diklaim Mampu Bertahan Hingga 2 Hari

🕔22:10:31, 06 Agu 2019

Gemilangpos.com-Smartphone keluaran baru Xiaomi tipe Redmi 7A disebut bisa jadi solusi saat “blackout” atau listrik padam dalam jangka waktu yang lama karena memiliki kapasitas . . .

IMG-20210211-WA0101_wm.jpg

Rapat Bulanan Forkopimda, Bupati Wardan Bahas Sekolah Tatap Muka

🕔18:10:43, 11 Feb 2021

TEMBILAHAN, - Pemerintah Kabupaten lnhil gelar rapat koordinasi bulanan pejabat Pemda bersama Forkopimda kabupatren lnhil bahas persiapan penyelenggaraan sekolah tatap muka (STM) yang . . .

View all comments

Write a comment