Kader TPK Kecamatan Kateman Ikuti Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Elsimil dari DP2KBP3A Inhil

By Redaksi 22 Agu 2022, 20:59:32 WIB BP2KP3A Inhil
Kader TPK Kecamatan Kateman Ikuti Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Elsimil dari DP2KBP3A Inhil

GEMILANGPOS.COM Inhil-Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) mengikuti kegiatan dalam Upaya Percepatan Penurunan Stunting dalam penggunaan aplikasi elsimil di Kecamatan Kateman pada Minggu (22/8/2022) bertempat di Kantor Camat Kateman.

Kegiatan dihadiri oleh Camat Kateman, pihak DP2KBP3A Kabupaten Inhil dan diikuti oleh seluruh Kader Tim Pendamping Keluarga se Kecamatan Kateman berjumlah 60 orang.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada kader TPK di Kecamatan Kateman agar mengetahui tupoksi, dan penyampaian materi tentang verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting hasil pendataan tahun 2022, penggunaan aplikasi Elsimil untuk pendamping bagi Calon Pengantin.

Kepala DP2KBP3A Inhil R Arliansyah melalui OPD KB, Edwin menyampaikan agar peserta pelatihan dapat mengikuti dengan baik dalam upaya pencegahan stunting ataupun demo dalam penggunaan aplikasi Elsimil yang dimana aplikasi skrining dan pendampingan untuk calon pengantin (Catin). 

"Setiap pasangan Catin akan mendapatkan pendampingan dari Tim Pendamping Keluarga (TPK) yang berada di Desa/Kelurahan yang sama dengan wilayah domisili Catin. Dimana aplikasi Catin yang mengakses aplikasi berbasis Mobile, adapun Petugas Pendamping yang terdiri dari Kader KB, Kader PKK, dan Bidan/tenaga Kesehatan, mengakses aplikasi berbasis website di https://elsimil.bkkbn.go.id," ungkapnya.

Ia berharap kepada peserta pelatihan TPK dapat menginformasikan dan mengaplikasikan dengan baik terhadap sasaran calon pengantin (Catin) dan ibu hamil yang dimana pentingnya pencegahan stunting dan ikuti arahan Pemerintah untuk penggunaan aplikasi elsimil.

"Agar lebih mudah untuk dipantau proses perkembangannya apakah adanya tanda-tanda ibu mengandung ataupun anak yang mengalami stunting atau tidak pada suatu keluarga tersebut," pungkasnya.

Salah satu peserta pelatihan mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini sudah berjalan baik dan Ia sangat antusias kepada pihak yang sudah mendukung dalam pelatihan upaya penurunan stunting yang sesuai dengan pematerian dalam demo penggunaan aplikasi yang diberikan dalam upaya cepat penurunan stunting bagi kami tim pedamping keluarga (TPK) yang khususnya di Desa Dalung agar kami dapat bekerja sesuai tahap yang diberikan pada pelatihan saat ini. 

“Semoga pembekalan materi ini bisa kami aplikasikan dengan baik dan tepat dengan sasaran kepada catin atau ibu hamil serta stunting yang ada di Desa Dalung ataupun di Bali bisa ditekan dengan upaya yang kami lakukan,” ungkapnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment