Menyambut Idul Adha 1443 Hijriah Diskannak Siak Sosialisasikan Juleha dan Pencegahan PMK.

By Redaktur 07 Jul 2022, 17:46:58 WIB Siak
Menyambut Idul Adha 1443 Hijriah Diskannak Siak Sosialisasikan Juleha dan Pencegahan PMK.

GEMILANGPOS.COM SIAK, RIAU - UPT Wilayah 2 Diskannak Siak bersama Pemerintah Kecamatan Tualang gelar sosialisasi Juru Sembelih Halal (Juleha) dan Sosialisasi Pencegahan PMK diperayaan Idul Adha 1443 Hijriah. Kamis (07/07/2022).


Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Camat Tualang ini diikuti oleh 60 orang peserta, terdiri dari ketua panitia pemotongan hewan kurban, dan pengurus masjid se - Kecamatan Tualang.


Camat Tualang Tengku Indra Putra, Kanit intel Polsek Tualang, Danramil Tualang, Kepala KUA Tualang, dan MUI Tualang juga turut hadir dalam acara itu.


Menurut Kepala UPT Keswan Wilayah 2

drh Supriyanto, sosialisasi ini bertujuan untuk menambah wawasan dan peningkatan kemampuan Juru Sembelih dan pengurus masjid dalam penanganan hewan kurban dimasa Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) mewabah.


"Ya untuk meminimalisir pemotongan hewan yang  terpapar PMK, peserta juga  mendapatkan pengetahuan tentang penangan hewan kurban setelah di sembelih, seperti  pemisahan kepala, kaki dan jeroan", ujarnya saat menjadi pemateri.


Kegiatan tersebut meliputi penjelasan Teori dan praktek, seperti proses persiapan, penyembelihan, dan penanganan pasca penyembelihan, serta pengenalan prinsip kesejahteraan hewan, diantaranya yaitu


1. Bebas rasa sakit

2. Perbahan yang toyyiban

3. Penyembelihan sekali sayat

4. Darah keluar dengan tuntas

5. Hewan benar - benar sebelum pengulitan.


Lanjut Supri, peserta juga dibekali tatacara pembagian dan pemotongan karkas yang layak, termasuk organ mana saja yang sebaiknya tidak dikonsumsi bila ternaknya terpapar PMK.


"PMK tidak menular kemanusia, hanya saja tidak etis klo makan yang sakit," jelasnya.


Drh Supri berharap pelatihan Juru Penyembelih Halal (Juleha) ini dapat  melakukan tatacara penyembelihan yang toyyiban saat dihari penyembelihan.


"Para peserta dapat menerapkan dan mengaplikasikan pengetahuan dan kemampuannya pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban mendatang, itu yang kita harapkan", tutupnya (Inf/SKM)





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment