P2KBP3A Inhil Gelar Orientasi bagi Kader TPK Kecamatan Kateman

By Redaksi 21 Agu 2022, 20:46:20 WIB BP2KP3A Inhil
P2KBP3A Inhil Gelar Orientasi bagi Kader TPK Kecamatan Kateman

GEMILANGPOS.COM Inhil-Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Inhil menggelar kegiatan Orientasi bagi Kader Tim Pendamping Keluarga (TPK) di Kecamatan Kateman pada Minggu (21/8/2022).

Dihadiri oleh Camat Kateman, ibu ibu Kader TPK Kecamatan Kateman, dan pihak DP2KBP3A Inhil.

Adapun kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada kader TPK di Kecamatan Kateman, agar mengetahui tupoksi, dan penyampaian materi tentang verifikasi dan validasi data keluarga beresiko stunting hasil pendataan tahun 2022 serta penggunaan aplikasi Elsimil untuk pendamping bagi Calon Pengantin.

Dalam sambutannya, Kepala DP2KBP3A Inhil melalui Kabid KB Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga, Asril mengatakan tujuan diadakannya kegiatan hari ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan tim pendamping keluarga dalam melaksanakan pendampingan terhadap keluarga.

"Tugas tim pendamping ini nantinya seperti penyuluhan, fasilitasi layanan rujukan, serta survey dini factor risiko stunting. Ada beberapa langkah penurunan stunting yang dapat dilakukan dalam pendampingan terhadap keluarga yang berisiko yaitu terhadap calon pengantin, pendampingan terhadap ibu hamil, pendampingan terhadap ibu pasca melahirkan, pendampingan terhadap ibu menyusui dan pendampingan terhadap bayi baru lahir sampai pada umur 2 tahun,” jelasnya.

Ia menambahkan kegiatan ini merupakan kegiatan orientasi bagi kader Tim Pendamping Keluarga di Kecamatan Kateman yang nantinya seluruh kader ini memahami apa saja tugas pokok dalam TPK ini yaitu ada di dalamnya pendampingan kepada ibu hamil, pendampingan pasca salin dan catin atau calon pengantin. 

“Kita harapkan dengan kegiatan ini para kader Tim Pendamping Keluarga ini menjadi paham, apa saja tugas nya ketika di lapangan,” tutupnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

+ Indexs Artikel

Berita Terbaru

Berita Utama

Berita Pilihan

Berita Populer

View all comments

Write a comment