Logo GemilangPos.com

Aktif Dalam Penanggulangan HIV/AIDS di Siak, Husni Merza Dapat Penghargaan.

Aktif Dalam Penanggulangan HIV/AIDS di Siak, Husni Merza Dapat Penghargaan.

GEMILANGPOS.COM SIAK, RIAU - Ketua Komisi Penanggulangan AIDS Provinsi (KPAP) Riau, Edy Natar Nasution menyerahkan penghargaan kepada Husni Merza, atas kontribusi aktif  dalam upaya penanggulangan HIV dan AIDS di Provinsi Riau, saat mengikuti Rakor KPA se Riau di Hotel Aryaduta, Pekanbaru, Kamis (17/11/2023).


Selain mempererat tali silaturahmi, Rakorda ini juga bertujuan untuk menningkatkan pemahaman dalan pemecahan masalah yang terarah, monitoring hasil kegiatan dan perencanaan tindak lanjut untuk mencapai indicator pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS, 


"Jadi melalui strategi 3 Zero yakni Zero New HIV Infection, Zero AIDS Related Deaths, dan Zero discrimination", Ujar Wakik Bupati Siak itu.


Husni Merza yang juga Ketua Pelaksana KPA kabupaten Siak menerangkan, kontribusi aktif KPA kabupaten Siak dalam upaya penanggulangan HIV tidak terlepas dukungan Pemkab Siak, menurutnya, penangganan HIV/AIDS harus didukung dengan kerjasama dan sosialisasi yang baik dari seluruh sektor.


“Pencegahan HIV kami lakukan melalui sosialisasi kepada masyarakat, kemudian kita bekerjasama dibeberapa Puskesmas mewajibkan calon pengantin tes HIV dan tes HIV bagi ibu hamil,” kata Husni


Penanggualngan HIV/AIDS tidak bisa di bebankan kepada Dinas Kesehatan saja, sebab, kasus HIV/AIDS sangat dipengharuhi oleh perilaku, budaya, lingkungan sosial dan lingkungan.


"HIV / AIDS ini masalah sosial, karena itu penanggulanggannya harus di integrasikan dengan program pembanguan nasional, Provinsi dan kabupaten Kota, penangannnya harus terpadu, peningkatan hidup sehat, pencegahan penyakit, perawatan dan pengobatan bagi mereka yang terdampak HIV,”katanya lagi


Sehingga harus berperan, tidak hanya memberikan perlindungan terhadap mereka yang berada dalam HIV AIDS, tapi juga terhadap mereka yang rentan. 


“Sebenarnya tidak hanya perihal HIV AIDS ini saja yang menjadi persoalan, narkoba, dan kriminalitas, sehingga anak berhadapan dengan hukum, perlu menjadi pemikiran kita bersama,”tutupnya. (SKM/INF).

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index