Logo GemilangPos.com

Alfedri: Masih Banyak Potensi Zakat Belum Terkumpul Maksimal

Alfedri: Masih Banyak Potensi Zakat Belum Terkumpul Maksimal
Bupati Siak, Alfedri menyerahkan penghargaan kepada UPZ berprestasi se-Kecamatan Lubuk Dalam.

LUBUK DALAM — Jika Kegiatan Gemar Siak Berzakat rutin diadakan, akan meningkatkan silaturahmi zakat dan wakaf dan pada akhirnya akan membantu masyarakat yang membutuhkan.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Siak, Alfedri saat mengikuti kegiatan Gerakan Masyarakat (Gemar) Siak Berzakat ke-10 tahun 2023 dan Pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023, Selasa (4/4/2023).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Masjid Sultan Abdul Djalil Rachmadsyah, Kecamatan Lubuk Dalam no itu, Alfedri sekaligus menyerahkan zakatnya dan menjadi Amil Zakat pada Gemar Siak Berzakat.

Selain itu, Alfedri juga menyerahkan secara simbolis Pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023 kepada mustahik, serta menyerahkan penghargaan kepada UPZ berprestasi se-Kecamatan Lubuk Dalam.

Menyinggung upaya peningkatan zakat, Bupati Siak Alfedri mengatakan, tingkat pemahaman masyarakat terhadap zakat dan wakaf di kabupaten Siak terbilang rendah. Hal itu pula yang menyebabkan rendahnya masyarakat dalam membayar zakat.

“Ini juga salah satu penyebab pengumpulan zakat belum maksimal. Kita harapkan para UPZ kecamatan selalu memberikan pemahaman zakat dan wakaf kepada masyarakat, diperlukan cara, penjelasan dan pendekatan kepada masyarakat,” kata Bupati Alfedri mengingatkan.

Karena itu, ujarnya, ketika seluruh masyarakat sudah faham terkait zakat (Nisab), muzakki di Kabupaten Siak akan meningkat.

Oleh karena itu, Alfedri berharap, kepada para camat, penghulu dan juga tokoh agama, serta para ustadz maupun ustadzah agar terus memberikan pemahaman dan mengingatkan masyarakat terkait dengan zakat.

Apalagi, kata Alfedri, masih ada masyarakat di Kabupaten Siak yang belum faham nisab (batasan minimal harta yang wajib dikenakan zakat).

Tekanannya, masih banyak potensi zakat yang belum terkumpul secara maksimal di beberapa kecamatan. Ia berharap masyarakat selalu diingatkan, melalui beberapa kegiatan seperti pendekatan dan juga penjelasan zakat melalui ceramah.

“Akan ada kesadaran masyarakat untuk membayarkan zakatnya,” harap Bupati Alfedri yang juga mantan Ketua Baznas Kabupaten Siak tersebut.

Bupati Alfedri juga mengapresiasi Baznas Kabupaten Siak dan juga Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) Kecamatan se-Kabupaten Siak, khususnya UPZ Kecamatan Lubuk Dalam.

Pada kesempatan itu, Ketua Baznas Kabupaten Siak Samparis Bin Tatan dalam sambutannya mengatakan bahwa tahun 2022 Kecamatan Lubuk Dalam mendapatkan urutan 3, dengan total pengumpulan zakat sekitar Rp537 juta.

“Untuk pengumpulan zakat di bulan Ramadhan tahun 2022, Kecamatan Lubuk Dalam berhasil mengumpulkan Rp263 juta. Semoga pada bulan Ramadhan tahun ini, Kecamatan Lubuk Dalam dapat meningkatkan pengumpulan Zakatnya” harap Samparis.

Dijelaskannya pada pendistribusian Zakat Tahap I tahun 2023 di Kecamatan Lubuk Dalam, total zakat yang disalurkan sebanyak Rp. 1.189.000.000 yang akan diserahkan kepada 117 orang mustahik dengan pola Konsumtif. (INF)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index