Logo GemilangPos.com

Belasan Sapi Kurban Dinas PU Tarukim Siak Bebas PMK.

Belasan Sapi Kurban Dinas PU Tarukim Siak Bebas PMK.
Tim dokter hewan Diskannak Siak sedang melakukan pemeriksaan Posmortum di Kantor Dinas PU Tarukim Siak.

GEMILANGPOS.COM SIAK, RIAU - Belasan sapi kurban Dinas Pekerjaan Umum, Tataruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak dinyatakan bebas PMK dan layak disembelih, pernyataan ini berdasarkan hasil dari pemeriksaan tim Dokter Hewan Diskannak Siak, pada Selasa (12/07/2022).


Sebanyak 12 ekor sapi kurban disembelih di Kantor Dinas PU Tarukim Siak, sebagian besar sapi didatangkan dari luar daerah, seperti Pekanbaru dan Kampar, sebagian lagi diambil dari peternak lokal dan beberapa kecamatan di Siak.


Pemeriksaan Antemortum meliputi, bagian mulut, kuku, dan kulit, sementara untuk pemeriksaan Posmortum dilakukan setelah penyembelihan, bagian yang diperiksa adalah organ dalam, seperti Hati, jantung, Limpa dan Paru - paru.


Kapala Diskannak Siak drh Hj Susilawati MM mengatakan, pemeriksaan di H+2 Idul Adha 1443 Hijriah ini untuk memastikan ternak yang akan dikurbankan bebas dari penyakit menular, seperti PMK dan parasit cacing hati.


Karena sebagian ternak berasal dari luar daerah Kabupaten Siak, dia khawatir ada ternak yang terinfeksi PMK Dan LSD, tidak hanya fisik saja, dokumen ternak seperti SKKH dan surst jalan juga turut diperiksa.


"Sehingga daging yang akan dibagikan nanti aman untuk dikonsumsi, walaupun beberapa penyakit tidak zoonosis atau menular ke manusia, tapi sebaiknyakan yg dikonsumsi harus yang terbaik",  ujarnya


Kata Susi, ada 4 petugas yang diturunkan kali ini, 2 Dokter Hewan dan 2 orang Paramedis. Berdasarkan hasil yang didapat dilokasi, tidak ditemukan gejala PMK, LSD dan penyakit menular lainnya, termasuk infestasi parasit cacing hati.


Menurut Kadis Pu Tarukim Siak Irving, ada 13 sapi yang disembelih dihari yang sama, 12 ekor disembelih di halaman belakang Kantor, 1 ekor lagi diserahkan ke masjid yang berada tidak jauh dari kantor.


Irving juga mengatakan, sapi yang dibawa telah mendapat pemeriksaan dari daerah asal, termasuk kelengkapan dokumen layak jalan, dan surat keterangan kesehatan hewan dari dinas peternakan setempat.


"Lengkap, ada semua, tadi sudah kita lihatkan dokumenya ke petugas dokter hewan, ternaknya juga tadi langsung diperiksa, dan hasilnya sehat semua, makanya kami lanjutkan penyembelihan", tutup irving. (Inf/SKM)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index