Logo GemilangPos.com

Bujang Kampung Mempermudah Perizinan UMK

Bujang Kampung Mempermudah Perizinan UMK

GEMILANGPOS.COM SIAK - Kegiatan Bupati Kerja dan Ngantor di Kampung atau yang lebih dikenal Bujang Kampung di Kampung Muara Kelantan, Kecamatan Sungai Mandau diserbu masyarakat, stan UMKM yang menjajakan makanan tradisional turut diserbu warga, pada Jumat (26/06/2022).


Tampak terhidang dimeja stan ada bermacam makanan, seperti aneka Bolu kemojo, empek - empek, peyek, dan wajit badotui.


Produk yang di jajakan merupakan produk daei anggota PKK Muara Kelantan, sebagian lagi merupakan titipan dari UMKM tempatan.


Seorang pembeli Santi (37) mengatakan, produk yang di sajikan merupakan pangan olahan rumahan yang memiliki nilai ekonomis, selain rasanya enak, harganya juga cukup terjangkau.


"Ada stan makanan gini enak pak, kami yang lagi ngurus adminiatrasi jadi gak kelaparan, ada makanan yang bisa kita santap, harganya murah", ujarnya


Harga yang ditawarkan berfariatif, seperri bolu, mulai dari 5 ribu rupiah, wajik badotui 10 ribu rupiah, onde - onde 10 ribu rupiah dan peyek 10 ribu rupiah.


Menurut penjaga stan, Rani (36) makanan yang paling banyak diburu adalah Wajit Badotui, selain harganya terjangkau, rasa manis dengan tekstur sedikit renyak memiliki citarasa yang unik.


"Iya ini olahan pulut yg setengah matang, kemudian di balut dengan gula merah", terangnya.


Sementara itu, tepat bersebelahan dengan stan makanan, tampak sejumlah warga tengah mengurus kelengkapan administrasi untuk UMKM.


Anto salah satu warga yang sedang mengurus mengaku sangat terbantu dengan adanya program Bujang Kampung, sebab dia tidak perlu lagi menempuh jarak yang jauh untuk mengurus identitas diri dan UMKM.


"Kita maunya ada terus, jelas kami terbantu", ujarnya singkat. (adf/SKM)

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index