Logo GemilangPos.com

Miliki Kebun Kelapa Terluas, Gubernur Gandeng ICC Kembangkan Kelapa di Riau

Miliki Kebun Kelapa Terluas, Gubernur Gandeng ICC Kembangkan Kelapa di Riau

GEMILANGPOS.COM  Riau,- Gubernur Riau Syamsuar mengincar peluang pengembangan kelapa di Provinsi Riau dalam rangka meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan sumber pendapatan daerah.

Guna membuka jejaring kerja sama dan memperkirakan pengembangan potensi kelapa, Gubernur Riau menggandeng International Coconut Community (ICC).

Adapun ICC merupakan organisasi antar pemerintah negara-negara penghasil kelapa di bawah naungan Komisi Ekonomi dan Sosial PBB untuk Asia dan Pasifik (UN-ESCAP).

"Kami mengundang Direktur Eksekutif ICC Jelfina Constansje Alouw untuk bersama-sama dengan kita mengkaji kendala, potensi, dan peluang kelapa Riau, agar kelapa menjadi komoditas ekonomi yang tidak hanya dapat menguntungkan masyarakat kita di daerah, tetapi Riau dapat menjadi pelaku industri kelapa di Indonesia dan dunia," ucap Syamsuar pada Forum Group Discussion (FGD) ICC di Kantor Bappedalitbang Provinsi Riau, Rabu (26/1/2022).

Syamsuar menjelaskan, Riau memiliki peluang yang sangat terbuka untuk pengembangan potensi kelapa.

Sebagai daerah yang memiliki luas areal kelapa terluas di Indonesia, Riau memiliki potensi terbesar yang perlu dimanfaatkan secara maksimal.

Namun, hilirisasi kelapa sebagai komoditas industri menjadi tantangan yang dihadapi pemerintah daerah.

Sebab, "Bumi Lancang Kuning" masih menjadi pemasok kelapa.

Padahal, mengolah produk turunan kelapa seperti sabut, minuman kelapa, santan, dan lainnya sangat terbuka. 

Untuk itu, menurut Syamsuar, perlu adanya peningkatan kapasitas petani kelapa Riau dan mengincar peluang pemasaran melalui kerja sama dengan komunitas kelapa dunia (ICC).

"Harapan kami tentunya posisi ICC sebagai organisasi yang menaungi negara-negara penghasil kelapa di dunia dapat mendukung kami dalam pemasaran produk dan pengembangan produk hilir dari kelapa. Termasuk membantu pengembangan kapasitas petani dalam melakukan budidaya kelapa," kata Syamsuar.

Semangat Syamsuar dalam pengembangan kelapa di Riau turut diapresiasi oleh Direktur Eksekutif ICC, Jelfina Constansje Alouw.

"Saya bangga dengan Pak Gubernur Riau yang ingin fokus pada pertanian pada komoditas kelapa. Kami menyukai," ujar Jelfina.

Pada kesempatan itu, Jelfina sebagai direktur pertama yang mewakili Indonesia sejak ICC berdiri pada 1969, mengatakan bahwa undangan ini merupakan langkah cepat Gubernur Riau dalam menangkap peluang. 

"Saya mengapresiasi gerak cepat, gerak cerdasnya sangat strategis sekali. Saya senang dengan gaya Pak Gubernur Riau yang mau bertindak untuk meminta kami ICC datang ke sini. Kami ICC siap membantu dalam promosi produk, meningkatkan pengembangan kapasitas, dan transfer teknologi," ujar Jelfina. 

Untuk diketahui, Indonesia merupakan negara yang memiliki kebun kelapa terluas di dunia.

Riau adalah provinsi yang memiliki kebun kelapa terluas secara nasional, yakni 425,579 hektar, terdiri dari 376,077 hektar kelapa dalam, dan 50,502 hektar kelapa hibrida.***

Berita Pilihan

Index

Berita Lainnya

Index